Tuesday 9 June 2015

DIALOG RASUL DENGAN MALAIKAT JIBRIL

aswajaxx79.blogspot.com
Pengertian kesucian / bersuci ( thaharah ) dalam Islam itu berlaku dan bertujuan kepada kaum laki - laki dan perempuan. Kesucian yang saya maksud disini adalah dalam pengertian yang sangat luas yaitu mencakup suci lahir dan batin. Suci lahir artinya anggota tubuh,pakaian dan tempat solat harus suci dari najis dan kotoran yang keluar dari kubu ( bagian depan ) dan dubur ( bagian belakang). Dan untuk bersuci dari bagian ini bisa dilakukan dengan berwudlu, mandi dan tayamum atau dengan menghilangkan benda - benda najis tersebut ( istija`). Sedangkan suci batinya artinya kita ini harus bersih dari perbuatan - perbuatan yang tidak di ridloi Allah, menjauhkan dari ahlak tercela serta menjauhkan dari kemusyrikan dan penyelewengan - penyelewengan  agama. Dan untuk membersihkan dari batin ini adalah dengan banyak mengingat ( berzikir ) kepad Allah, beristighfar kepada-Nya dan mentaqorubkan diri kehadirat-Nya. Jadi islam telah mengajak umatnya untuk senantiasa bersuci ( bersih ) lahir dan batin, serta suci dari segala - galanya. Sehubungan dengan permasalahan ini, Allah Ta`ala berfirman dalam Al Quran:

اِن الله يحب ا لتو ابين ويحب ا لتطهلر ين
Artinya:"...Sesungguhnya Allah menyukai orang - orang yang bertaubat, dan menykai orang -orang yang menyucikan diri".( Al- Baqarah : 222 )
Dalam sebuah hadits Rasululloh saw, menyatakan bahwa kesucian itu separoh dari iman:
اَ لطهور شطر الا يمان
Artinya:" Suci itu adalah separoh dari iman". ( HR. Muslim )

Thaharah ( kesucian ) yang dibicarakan dalam blog ini adalah suci dari lahir ( anggota tubuh, badan, pakaian, dan tempat shalat ) dari barang - barang najis dan kotoran atau dari hadats besar atau hadats kecil. Suci lahir dari perkara - perkara najis, hadats ( kotoran ) adalah merupakan syarat sahnya shalat yang akan di tegakan oleh seorang muslim. Dalam hal ini Rasululloh bersabda:
لا تقبل صلا ة بلا طهو ر
Artinya : " Tidak diterima Allah shalat tanpa suci". ( HR. Muslim )
oleh karena itu sebelum shalat di tegakan, maka sempurnakanlah wudlu dalam rangka mensucikan diri dari berbagai kotoran, hadats, najis yang menempel ( melekat ) pada bagian tubuh, pakaian dan tempat shalat. Pada suatu ketika malaikat jibril as. datang menghadap kepada Rasululloh saw. sambil mengajukan pertanyaan :" Apakah yang dikatakan ( tentang ) islam ? jawab Rasululloh saw.:"Islam ialah mengaku bahwa sesungguhnya tidak ada Tuhan yang wajib disembah melainkan Allah, dan bahwasanya Muhammad itu adalah Rasululloh, dan menegakan shalat, membayar zakat, haji ke baitulloh mandi janabah, menyempurnakan wudlu, dan puasa Ramadhan. Tanya Jibril:" Bila aku telah melakukan yang semua anda sebutkan itu, apakah aku sudah (menjadi) muslim? Jawab Rasululloh saw. Ya Sudah ! Kata Jibril: " Engkau betul" ( HR. Ibnu  Huzaimah di dalam shohihnya ).

No comments:

Post a Comment