Monday 8 June 2015

BIOGRAFI IMAM ABU HANIFAH

IMAM ABU HANIFAH
aswajaxx79blogspot.com
Imam Abu Hanifah An-Nu`man dilahirkan tahun 80 H. dan belajar ilmu fikih di Kufah. Disana beliau juga melakukan dasar- dasar mazhabnya. Beliau wafat di Baghdad pad tahun 150 H.

Abu Hanifah berguru kepada Hammad bin Abu Sulaiman. Sedangkan Hammad belajar dari Ibrahim An-Nakha`i. Ibrahim An Nakha`i belajar dari Alqamah bin Qays murid `Abdullah bin Mas`ud ra. Abu Hanifah sangat mahir dalam ilmu fikih. Beliau banyak dikenal di Irak. Ketinggian ilmunya dalam bidang fikih diakui oleh banyak ulama yang sezaman dengannya, diantaranya Maliki, Syafi`i dan banyak ulama lainya. Banyak para ulama yang mengikuti mazhab Abu Hanifah atau yang lebih dikenal dengan sebutan ulama Hanafiyah. Diantara mereka yang terkenal adalah Abu Yusuf , Muhammad bin Hasan, Hasan bin Ziyad, dan lainya. 

Ketetapan Abu Hanifah telah banyak melahirkan banyak pendapat dari  para Imam dan pengikutnya yang terkadang didalamnya terjadi perselisihan antara satu dengan yang lainya. Semua pendapat tersebut di namakan mazhab hanifiyah karena mazhab  Abu Hanifahlah yang menjadi dasar mereka. Sementara persoalan yang diperselisihkan hanyalah sebagian kecil saja yang ditimbulkan  dari ijtihad mereka sendiri dalam mengambil keputusan terhadap dalil -dalil mazhab Hanafiyah.
Mazhab Hanafiyah telah menyebar ke berbagai wilayah Islam, Sperti Baghdad, Persia, India, Bukhara, Yaman, Mesir, dan Syam. 

Mazhab Hanafiyah adalah mazhab yang paling banyak dianut pada masa Dynasti `Abbasiyah, terutama dalam bidang pengadilan dan dalam penentuan fatwa - fatwa. Begitu pula dengan daulah `Utsmaniyah, mereka menggunakan mazhab Abu Hanifah sebagai mazhab resmi negara. Dalam hal pengadilan dan fatwa, mereka juga merujuk pada pendapat Abu Hanifah dan itu terus berlangsung sampai sekarang

No comments:

Post a Comment